LWt9MaZ9NWtbMqB4Mat8Map8NTcsynIkynwbzD1c

Branding Bisnis

BLANTERLANDINGv101
8847040826697857950

Branding Bisnis

Rabu, 05 Juli 2023

 

Definisi Branding

Sebuah merek atau brand yang kuat akan dengan mudah dikenal oleh masyarakat. Sehingga, semakin banyaknya kompetitor tidak akan membuat bisnis menjadi goyah. Karena itu, dalam setiap bisnis, setiap perusahaan akan melakukan kegiatan pemasaran (marketing) dan pencitraan (branding). Jika aktivitas marketing berfokus pada cara memasarkan suatu produk, maka aktivitas branding berfokus agar suatu produk bisa melekat di benak konsumen (top of mind).

Brand merupakan identitas unik yang membedakan antarsesama, baik antarmanusia maupun antarproduk. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kegiatan branding adalah aktivitas pencitraan yang dilakukan agar sebuah merek atau sosok terlihat berbeda dari merek lain, sehingga menarik dan mudah diingat oleh masyarakat.

Dalam dunia bisnis, branding bisa diartikan sebagai praktik pemasaran sebuah perusahaan dengan menciptakan nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik suatu bisnis atau perusahaan. Butuh waktu yang relatif lama dan proses yang panjang bagi perusahaan untuk membangun brand-nya sehingga bisa dikenal masyarakat luas. Oleh karena itu, aktivitas branding bukanlah hal yang mudah. Jika dilakukan dengan tepat, maka perusahaan yang melakukan branding dengan baik niscaya akan mendapat loyalitas dari konsumen.

Sebagai erat kaitannya dengan ilmu komunikasi, branding didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka membangun dan membesarkan sebuah merek. Branding bukan saja hanya perlu dilakukan oleh perusahaan baru yang namanya belum terlalu dikenal masyarakat. Tapi, perusahaan besar sekalipun harus terus konsisten melakukan kegiatan branding agar namanya semakin besar dan tetap menjadi pilihan masyarakat.

Aktivitas branding juga dapat dimanfaatkan untuk membangun citra positif dan reputasi perusahaan untuk membangun kepercayaan konsumen. Dengan terbangunnya citra positif, maka perusahaan akan mudah untuk melakukan penjualan produk. Alhasil, konsumen bertambah dan pendapatan perusahaan semakin meningkat.

Elemen Dalam Branding

1. Nama Merek

Seperti halnya manusia, produk atau layanan jasa harus memiliki nama. Ini adalah hal mendasar yang harus dipenuhi sebelum melakukan aktivitas branding.

2. Logo

Logo yang unik akan meninggalkan kesan bagi masyarakat. Dalam pembuatan logo, sebuah perusahaan akan memikirkan faktor keunikan dan citra yang sesuai dengan brand. Karena itu, banyak perusahaan rela merogoh kocek dalam-dalam menyewa jasa profesional untuk membuat sebuah logo.

3. Tampilan Visual

Warna kemasan, desain produk, desain kemasan, dan sejenisnya termasuk dalam tampilan visual. Pemilihan tampilan visual yang apik akan menghasilkan pencitraan positif terhadap sebuah produk.

4. Kata-Kata

Peran seorang Copywriter sangat dibutuhkan dalam hal ini. Karena terciptanya slogan atau tagline yang cerdas dari sebuah brand akan selalu meninggalkan kesan mendalam. Dalam proses pembuatan brand, Copywriter biasanya akan memilih kata-kata dengan citra positif dan mudah diingat.

Fungsi Branding

1. Untuk Membangun Citra Perusahaan.
Bila suatu perusahaan memiliki citra yang bagus, maka produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan akan mudah dikenal oleh orang lain. Citra juga dipengaruhi oleh prestise dan juga jaminan kualitas dari suatu produk.
2. Untuk Memberikan Ciri Khas.
Dalam aktivitas branding, sebuah perusahaan akan berlomba-lomba menjadi beda dan berciri khas. Sehingga, tidak mengherankan jika produk dari sebuah perusahaan yang mempunyai branding yang kuat akan mudah dikenali oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan aktivitas branding yang dilakukan telah memberikan penanda dan ciri khas sebuah produk.
3. Untuk Promosi Dan Daya Tarik.
Aktivitas branding seringkali dilakukan semaksimal dan semenarik mungkin. Jika aktivitas tersebut memiliki keunikan dan berhasil memikat masyarakat, maka produk dari sebuah perusahaan berpotensi jadi terkenal.

Jenis-Jenis Branding

1. Product Branding

Jenis branding ini mencoba mendorong konsumen untuk memilih produk milik suatu perusahaan di atas produk kompetitor. Ini adalah aktivitas branding yang paling umum. Dalam jenis branding ini, perusahaan akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan identitas pada sebuah produk unggulannya agar mampu memengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut dibandingkan produk pesaing.

2. Personal Branding.

Jenis branding yang ini merupakan proses pembentukan persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki seseorang. Aspek-aspek tersebut di antaranya adalah keilmuan, kepribadian, ataupun kemampuan. Aktivitas branding yang satu ini sangat populer di kalangan figur publik, seperti artis, musisi, politisi, dan lain-lain. Tujuannya tidak lain agar masyarakat memiliki pandangan khusus terhadap mereka.

3. Corporate Branding.

Perusahaan skala besar maupun kecil pasti akan melakukan corporate branding. Semua aspek perusahaan, mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan, kontribusi karyawan di mata masyarakat, hingga aktivitas tanggung jawab perusahaan (CSR) akan dipamerkan. Tujuannya untuk mengembangkan reputasi perusahaan di mata masyarakat.

4. Destination & Cultural Branding.

Sebuah wilayah akan berusaha mengenalkan keunggulan atau potensi daerah yang mereka miliki. Jenis branding ini biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu wilayah untuk kebutuhan pariwisata. Aktivitas branding ini termasuk mempromosikan identitas budaya, kebiasaan masyarakat, hingga keunikan lanskap di suatu wilayah.

Cara Mudah Melakukan Branding

1. Menentukan Target Audiens.

Menentukan target pasar memang tidak mudah. Kamu butuh melakukan riset yang cukup panjang. Jika mengalami kebingungan atau buntu di tengah jalan, kamu bisa memulai dengan menganalisis kompetitor.

Cari tahu siapa saja kompetitor potensial yang menjual produk serupa. Dari sana, kamu sekaligus bisa mempelajari siapa audiens yang mereka targetkan. Lakukan pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci spesifik terkait produk yang kamu jual. Lakukan analisis mendalam dari setiap kompetitor yang produknya muncul di hasil pencarian tersebut. Kemudian, lakukan survei atau berdiskusi dengan mereka yang termasuk kriteria audiens kamu.

2. Menentukan Karakteristik Brand

Saat membangun sebuah merek, kamu perlu sangat fokus dan sangat spesifik dengan elemen-elemen pada brand yang kamu miliki. Prinsip 5W+1H (What, Why, Who, Where, When, How) harus menjadi kerangka berpikir dalam menentukan karakteristik brand.

3. Menentukan Persona/ Target Market.

Dalam membangun merek, penting untuk menentukan persona atau karakter seperti apa yang membuat target audiens tertarik dengannya. Persona adalah sebuah representasi pengguna dalam bentuk individu imajiner yang meliputi karakteristik, pengalaman, status ekonomi, status pekerjaan, bahkan kondisi lingkungan.

4. Menentukan Nama Brand.

Sebuah brand lebih dari sekadar nama. Tapi, pemilihan nama sebuah bisnis atau sebuah produk akan sangat berpengaruh. Nama dan filosofinya akan memengaruhi proses pembuatan logo, penentuan domain website, hingga pendaftaran merek dagang.

5. Menentukan Slogan

Proses ini cukup rumit karena mendapatkan slogan atau tagline yang catchy dan mampu mewakili visi dan misi brand tidaklah mudah. Slogan sebuah brand tidak harus bersifat permanen. Ia bisa berubah seiring perkembangan zaman, kemajuan brand, atau menemukan strategi baru dalam pengembangan bisnis.

6. Menentukan Penampilan Brand

Sama halnya dengan manusia, brand perlu didandani agar terlihat ciamik di mata masyarakat. Dandani brand kamu semaksimal mungkin, mulai dari pemilihan warna dasar produk, hingga jenis huruf (font) yang dipilih.

7. Membuat Logo

Logo akan menjadi wajah sebuah brand. Karena itu, logo semaksimal mungkin bisa mengakomodasi nilai, visi, dan misi dari brand. Logo brand haruslah mudah diingat, unik, dan terukur.

8. Memanfaatkan Media Sosial

Tingkatkan jangkauan brand yang kamu miliki dengan secara konsisten berinteraksi dengan pelanggan. Tidak hanya secara luring, tapi juga daring, seperti memanfaatkan website dan media sosial.

BLANTERLANDINGv101

Formulir×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang